Home » News & Events » Seberapa Penting Pendidikan Non Formal Untuk Anak?

 
 

Seberapa Penting Pendidikan Non Formal Untuk Anak?

 

Sekarang ini sering kita temui banyak anak dari usia TK hingga SMA dijejali banyak kegiatan di lembaga pendidikan non formal setiap mereka selesai menuntaskan waktu belajarnya di sekolah. Tak jarang banyak anak justru merasa tidak semangat dan mendapatkan hasil yang tidak maksimal dari kegiatan di luar sekolah tersebut. Usut punya usut seringnya anak-anak tersebut mengikuti kegiatan tersebut bukan karena kemauan sendiri namun karena paksaan dari orang tuanya. Lantas sebenarnya seberapa penting sih menjejali anak dengan pendidikan tambahan di luar sekolah?

Pendidikan di Indonesia saat ini memang masih sangat berorientasi pada nilai, bukan pada proses dan menghargai talenta anak secara menyeluruh. Itu kenapa predikat anak pintar hanya disandang bagi anak-anak yang memiliki ranking satu atau nilai mata pelajarannya tak pernah kurang dari delapan. Anak-anak dengan nilai kurang meskipun memiliki prestasi di bidang olah raga atau seni masih kerap dipandang sebelah mata. Bahkan untuk menggojlok anak-anak agar mendapat nilai yang baik di sekolah, berbondong-bondonglah para orang tua memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan dengan harapan nilai yang tadinya jelek bisa meningkat. Namun seringnya yang terjadi justru sebaliknya, dengan kegiatan yang terlalu padat dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh, serta paksaan dan tekanan yang bertubi-tubi dari orang tua, nilai si anak malah lebih buruk dari sebelumnya.

Pendidikan non formal sesungguhnya sangat baik untuk mengembangkan kepribadian, mental dan akhlak si anak. Namun tentunya keberhasilan dari pendidikan jalur non formal tersebut memiliki syarat-syarat tertentu. Syarat pertama yaitu biarkan sang anak memilih kegiatan yang ia sukai, jangan memaksa anak mengikuti kursus karena ia terpaksa. Syarat kedua yaitu pilihlah waktu yang tepat dengan jadwal sekolah sehingga tidak menimbulkan kelelahan yang bertubi baik bagi fisik maupun psikis anak. Pendidikan non formal tidak hanya terbatas pada kursus mata pelajaran yang nota bene hanya mengulang pelajaran di sekolah dengan cara yang berbeda. Ada baiknya pilihlah pendidikan non formal yang akan mampu mengembangkan talenta mereka yang tidak hanya berorientasi pada nilai, misal: sekolah bola, sekolah menggambar, sekolah musik, dsb.

Ada hal yang patut dicermati bahwa sesungguhnya setiap anak itu terlahir dengan cerdas, tinggal bagaimana orang tua memoles kecerdasan itu agar terarah dengan sempurna. Tidak semua anak pandai di bidang akademis, beberapa anak memang menonjol di bidang olah raga ataupun kesenian. Olehnya biarkan anak-anak memilih apa yang ia sukai dan arahkanlah bakat mereka dengan tepat hingga menjadi ahli, dan kesuksesan kelak akan berada dalam genggaman mereka.

Tags:

 

No comments

Be the first one to leave a comment.

Post a Comment


 

News And Events »

Seberapa Penting Pendidikan Non Formal Untuk Anak?

Seberapa Penting Pendidikan Non Formal Untuk Anak?

Sekarang ini sering kita temui banyak anak dari usia TK hingga SMA dijejali banyak kegiatan di lembaga pendidikan non formal setiap mereka selesai menuntaskan waktu...

 
Apa sih Bedanya Pendidikan Formal, Informal dan Non Formal?

Apa sih Bedanya Pendidikan Formal, Informal dan Non Formal?

Pendidikan adalah hal yang sangat penting tidak hanya untuk mencerdaskan otak seseorang, namun juga untuk membentuk kepribadian, mental dan akhlak. Seringkali bila...

 
Hello world!

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!